Wednesday, January 18, 2017

Kerja Jangan Baper!

iya, itu kata salah seorang rekan di kantor.

lama-lama saya renungkan, benar juga. Kerja itu jangan baper. tar susah.
kerja ya kerja aja. seorang rekan lain juga pernah mengatakan, 'you got to do what you got to do.'
namanya kerjaan, pasti ada hal-hal yang tidak menyenangkan tapi menjadi tugas dan tanggung jawab.
kalau isinya hal-hal yang menyenangkan, itu namanya hobi. hehe
makanya kerja dibayar. gitu kan ya?

situasi kerja tidak untuk di-baper-in. suatu pekerjaan selalu berhubungan dengan orang lain.
dan pada dasarnya, people talk.
no matter how good you are, no matter how bad you are, people will always talk.

di suatu anime yang pernah saya tonton, sepertinya sempat ada bahasan, 'disaat kamu memilih, ada orang lain yang tersakiti.'
contohnya, Bapak A memutuskan untuk beli lele. ternyata lele tersebut adalah lele terakhir. tiba-tiba ada mbak-mbak mau beli lele. kehabisan. padahal mbaknya uda pengen banget makan lele. tuh. ga kenal aja bisa nyakitin orang. gimana kalo kenal?

tidak ada pilihan yang tanpa konsekuensi, tidak ada hal yang dilakukan tanpa pamrih.

menolong orang meskipun bilangnya tidak berharap balasan apa-apa, tetap saja dilakukan karena it felt good. doing good things indeed felt good. itu apa kalau bukan imbalan?
kalau tidak ada imbalan yang diterima, tidak mungkin dilakukan.
misalnya ternyata anda alergi menolong orang. tentunya anda tidak akan suka menolong orang, karena bisa jadi setelah menolong orang lain anda tiba-tiba bersin sejam penuh. ya mending ga nolong orang.

oke, balik ke topik kerja.
ya kurang lebih begitu. kalau ada masalah kerjaan jangan dibaperin, tapi dipelajarin.
semoga dapat diambil hikmahnya. untung-untung jadi ajang pendewasaan. aamiin.

#sugestidiri

No comments: